14 - 17 SEPTEMBER 2022

Jakarta International Expo, Jakarta - Indonesia

Dukung Penuh Hilirsisasi Industri, Jokowi Tegaskan Stop Ekspor Bahan Mentah Bauksit Tahun Ini

duniatambang.co.id – Salah satu langkah pemerintah untuk mendukung adanya hilirisasi industri adalah dengan melakukan pemberhentian ekspor bahan mentah. Pemerintah ingin mendukung sepenuhnya hilirisasi dalam negeri sehingga dapat meningkatkan perekonomian domestik, baik dalam segi peningkatan investasi maupun dari segi peningkatan lapangan kerja.

Setelah adanya penghentian ekspor bahan mentah bijih nikel pada tahun lalu, kini Presiden RI, Joko Widodo menegaskan akan melakukan penghentian ekspor untuk bahan mentah bauksit pada tahun ini, dan akan dilanjutkan dengan penghentian ekspor konsentrat tembaga pada tahun depan, yaitu tahun 2023 mendatang.

“Tahun ini segera kita akan setop bahan mentah bauksit. Tahun depan kita setop bahan mentah tembaga,” ungkap Jokowi dalam acara HUT PDI Perjuangan, Senin (10/1/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga menegaskan bahwa pemerintah akan terus berkomitmen untuk meningkatkan hilirisasi industri, sehingga Indonesia dapat menjadi negara yang mandiri dan memperkuat kepemimpinan, khususnya dalam skala internasional.

read more

Source: duniatambang.co.id