17 - 20 NOVEMBER 2021

Jakarta International Expo, Jakarta - Indonesia

Perubahan tata kelola minerba bakal berdampak positif bagi pelaku usaha

Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Langkah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperbaiki tata kelola sektor mineral dan batubara (minerba) dinilai bakal berdampak positif pada pelaku usaha terkait.

Seperti diketahui, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin mengungkapkan selama ini pihaknya mendapatkan laporan asal usul barang yang tidak jelas.

“Salah satu yang ingin kita ubah adalah bahwa surat keterangan asal barang tidak lagi dibuat sepihak oleh badan usaha, tapi harus oleh surveyor dan diketahui pemerintah,” ujar Ridwan dalam acara Sosialisasi Ditjen Minerba yang digelar virtual, baru-baru ini.

Dalam penjelasan Ditjen Minerba, akan ada sejumlah perubahan dalam Rancangan Kepdirjen yang baru antara lain peningkatan peran surveyor hingga kewajiban tambahan bagi pelaku usaha. PT Superintending Company of Indonesia (Persero) alias Sucofindo pun menilai langkah ini berpotensi memberi dampak positif pada kinerja perusahaan.

“Jika Kementerian ESDM berencana untuk penguatan peran surveyor dalam rangka meningkatkan retribusi tambang sangat dimungkinkan akan positif bagi perkembangan jasa inspeksi dan pengujian,” kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Sucofindo Budi Hartanto kepada Kontan, Minggu (1/8).

Read more

Source: industri.kontan.co.id