14 - 17 SEPTEMBER 2022

Jakarta International Expo, Jakarta - Indonesia

Menteri ESDM Ajak Bos Planet Labs Sinergi di Sektor Energi

Jakarta, TAMBANG – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif bertemu dengan Co-Founder sekaligus CEO Planet Labs Will Marshall di sela-sela acara tahunan, World Economic Forum di Davos, Swiss. Kedua pihak tengah mendiskusikan potensi kerja sama bidang energi dan sumber daya mineral (ESDM), terutama upaya mencapai netralitas karbon dan pembangunan berkelanjutan.

Planet Labs, diharapkan dapat segera menjalin kerja sama dengan stakeholders Indonesia untuk mengidentifikasi aktivitas penambangan liar (illegal mining), tanah longsor (landslide), dan eksplorasi potensi Energi Baru Terbarukan.

“Di luar sektor itu, kita juga bisa bekerja sama di sektor pertanian, border guard/perbatasan, dan kehutanan yang tujuannya untuk monitoring kelestarian hutan serta mencegah pemanfaatan SDA yang ilegal,” kata Arifin dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (25/5).

Planet Labs merupakan perusahaan pencitraan bumi (earth imaging) yang berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat. Perusahaan ini mengoperasilan 200 satelit yang punya kemampuan foto citra bumi dengan ketajaman luasan 1 km2, satu kali setiap hari, serta 21 satelit yang mempunyai kemampuan sampai dengan 0,5 m dengan pengambilan citra 10 kali per hari.

Read more

Source: tambang.co.id